STEALTH MARKETING
Permasalahan Etika
Dalam Praktek Pemasaran Terkini
Stealth Marketing ialah
penggunaaan praktek-praktek pemasaran yang tidak menunjukan hubungan yang
seharusnya dengan perusahaan-perusahaan yang mensponsorinya.Stealth marketing
berupaya untuk menyajikan sebuah produk atau jasa baru dengan menciptakan
komunikasi pemasaran.Dalam pemasaran konvensional,terdapat tiga informasi
antara lain product knowledge artinya
dalam komunikasi pemasaran terdapat informasi mengenai produk yang di pasarkan,
Persuasion knowledge dalam komunikasi pemasaran ada unsur membujuk terhadap
konsumen secara terang-terangan, Agent
marketing terdapat agen pemasaran
yang membujuk konsumen secara terang-terangan. Stealth marketing
dipertimbangkan dapat menjadi alternative yang baik dari pemasaran konvensional
karena dipersepsikan sebagai pemasaran yang lebih halus dan lebih pribadi
daripada pemasaran tradisional. Oleh karena itu stealth marketing dapat menjadi
teknik pemasaran yang bertahan lama.
Faktor pertumbuhan Kepopuleran Stealth Marketing
1. Tumbuhnya Kritik terhadap industri
periklanan secara umum
2. Pendengar iklan semakin banyak
terbagi-bagi.
3. Munculnya Personal Televise Recorder (PVRs)
atau Digital Video Recorder (DVRs)
Tipe-tipe Teknik Stealth Marketing
1. Viral Marketing
Misal :
webblogs(buku harian) situs pribadi sebagai tempat orang-orang berkomunikasi
langsung tetapi dalam tempat yang berbeda.
2. Brand Pushers
Teknik stealth
marketing dengan merekrut actor dan aktris baru untuk menjangkaucalon pelanggan
secara pribadi dalam kehidupan sehari-hari dengan memasukan pesan komersial
secara implicit.
3. Celebrity Marketing
Teknik stealth marketing dengan merekrut seorang selebriti untuk memasarkan produk perusahaan.
4. Bait and Tease Marketing
Contoh BMW
membuat film pendek tentang mobil produksinya,yang hanya bias di lihat di
halaman website. Dengan cara demikian pesan yang disampaikan tidak akan
terhindarkan oleh oerang yang melihatnya meskipun bersifat agak
memaksa(compelling way).
5. Marketing in Video Games
Dalam melakukan
pemasaran video games degan memasukan logo perusahaan dalam permainan.
6. Marketing in Pop and Rap Music
Teknik
pemasaran ini dilakukan dengan memasukan pesan komersial dalam lagu-lagu
beraliran pop atau Rap.Musik Pop dan Rap yang memiliki kerjasama dengan
perusahaan atau instansi terkait dengan msalah pemasaran.
Permasalahan Etika dalam Stealth Marketing
Terdapat
dua teori dasar yang muncul dalam etika normatif yaitu Teori consequentialist
mempertimbangkan seluruh konsekuensi yang akan muncul sebagai dasar untuk
membuat penilaian terhadap permasalahan etika. Sedang teori nonconsequentialist
fokus pada pertanyaan apakah suatu tindakan itu dapat dikatakan etis atau
tidak. Misalnya dari sudut pandang kerohanian ataupun dari sudut pandang moral.
Dalam menilai etika stealth marketing perlu mempertimbangkan penilaian dari
segi perspektif konsekuensi,yaitu dengan menggunakan penilaian dari sudut
pandang kerohanian dan moral.
visit donk gan ke site ane , salah satu aliran design grafis pop art style yang dikembangin pake flash 8 disitu ada teknik simple gambar langsung dikomputer
BalasHapusmaen ya ke- www.yayanabusofyan.tk, siapa tau dapet inspirasi