Jumat, 03 Juli 2015

MARKETING





STEALTH MARKETING
Permasalahan Etika Dalam Praktek Pemasaran Terkini

Stealth Marketing ialah penggunaaan praktek-praktek pemasaran yang tidak menunjukan hubungan yang seharusnya dengan perusahaan-perusahaan yang mensponsorinya.Stealth marketing berupaya untuk menyajikan sebuah produk atau jasa baru dengan menciptakan komunikasi pemasaran.Dalam pemasaran konvensional,terdapat tiga informasi antara lain product knowledge artinya dalam komunikasi pemasaran terdapat informasi mengenai produk yang di pasarkan, Persuasion knowledge dalam komunikasi pemasaran ada unsur membujuk terhadap konsumen secara terang-terangan, Agent marketing  terdapat agen pemasaran yang membujuk konsumen secara terang-terangan. Stealth marketing dipertimbangkan dapat menjadi alternative yang baik dari pemasaran konvensional karena dipersepsikan sebagai pemasaran yang lebih halus dan lebih pribadi daripada pemasaran tradisional. Oleh karena itu stealth marketing dapat menjadi teknik pemasaran yang bertahan lama.

Faktor pertumbuhan Kepopuleran Stealth Marketing
1.      Tumbuhnya Kritik terhadap industri periklanan secara umum
2.      Pendengar iklan semakin banyak terbagi-bagi.
3.      Munculnya Personal Televise Recorder (PVRs) atau Digital Video Recorder (DVRs)

Tipe-tipe Teknik Stealth Marketing
1.      Viral Marketing
Misal : webblogs(buku harian) situs pribadi sebagai tempat orang-orang berkomunikasi langsung tetapi dalam tempat yang berbeda.

2.      Brand Pushers
Teknik stealth marketing dengan merekrut actor dan aktris baru untuk menjangkaucalon pelanggan secara pribadi dalam kehidupan sehari-hari dengan memasukan pesan komersial secara implicit.


3.      Celebrity Marketing
Teknik stealth marketing dengan merekrut seorang selebriti untuk          memasarkan produk perusahaan.

4.      Bait and Tease Marketing
Contoh BMW membuat film pendek tentang mobil produksinya,yang hanya bias di lihat di halaman website. Dengan cara demikian pesan yang disampaikan tidak akan terhindarkan oleh oerang yang melihatnya meskipun bersifat agak memaksa(compelling way).

5.      Marketing in Video Games
Dalam melakukan pemasaran video games degan memasukan logo perusahaan dalam permainan.

6.      Marketing in Pop and Rap Music
Teknik pemasaran ini dilakukan dengan memasukan pesan komersial dalam lagu-lagu beraliran pop atau Rap.Musik Pop dan Rap yang memiliki kerjasama dengan perusahaan atau instansi terkait dengan msalah pemasaran.

Permasalahan Etika dalam Stealth Marketing
            Terdapat dua teori dasar yang muncul dalam etika normatif yaitu Teori consequentialist mempertimbangkan seluruh konsekuensi yang akan muncul sebagai dasar untuk membuat penilaian terhadap permasalahan etika. Sedang teori nonconsequentialist fokus pada pertanyaan apakah suatu tindakan itu dapat dikatakan etis atau tidak. Misalnya dari sudut pandang kerohanian ataupun dari sudut pandang moral. Dalam menilai etika stealth marketing perlu mempertimbangkan penilaian dari segi perspektif konsekuensi,yaitu dengan menggunakan penilaian dari sudut pandang kerohanian dan moral.

1 komentar:

  1. visit donk gan ke site ane , salah satu aliran design grafis pop art style yang dikembangin pake flash 8 disitu ada teknik simple gambar langsung dikomputer
    maen ya ke- www.yayanabusofyan.tk, siapa tau dapet inspirasi

    BalasHapus